Model Pembelajaran Kompetitif dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa

  • M. Yusuf STAIDA Nganjuk
Keywords: Learning Motivation, Learning, Competition

Abstract

It is undeniable that student learning motivation both in classroom and at home or in the dormitory always experiences ups and downs, maintaining the stability of their enthusiasm for learning is also one of the responsibilities of the teacher and also the school, so various efforts need to be made to keep them motivated and enthusiasm for learning and always trying to improve it. Various models and styles are found in learning theory, but not necessarily in any place and also in developing cases, because the environment and also typical of students are very diverse, from which a mature understanding is needed if the teacher or school manager wants to apply one of the theory or learning models in schools

References

Fiteriani, Ida. “Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2, no. 1 (2015).
Hamdu, Ghullam, and Lisa Agustina. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan 12, no. 1 (2011).
Khoiriyah. “Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Melalui Perlombaan Di Kelompok B TK Perwanida Kota Madiun Tapel 2011/2012.” Jurnal CARE 4, no. Januari (2017).
Laila, Qumi. “Stimulasi Kecerdasan Spiritual Anak Pada Periode Pendidikan Pra Natal Prespektif Islam.” Mudarrisa 1, no. 1 (2009).
Marwiyah, Syarifatul. “Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup.” Jurnal Falasifa 3, no. 1 (2012).
May, Asmal. “Melacak Peranan Tujuan Pendidikan Dalam Perspektif Islam.” Tsaqafah 2, no. 2 (2015): 209–222.
Muhtadi, Ai. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Efektifitas Pendidikan,” no. iii (n.d.).
Nurmala, Desy Ayu, Lulup Endah Tripalupi, and Naswan Suharsono. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi.” Jurnal pendidikan ekonomi 4, no. 1 (2014).
Pettasolong, Najamudin. “Implementasi Budaya Kompetisi Melalui Pemberian Reward and Punishment Dalam Pembelajaran.” Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2017).
Riana, Cepi. “Media Pembelajaran.” In Komputer Dan Media Pendidikan Di Sekolah.
Samudi. “Peningkatan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berlari Melalui MOdel Permainan Perlombaan Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Bandung Wonosegoro Boyolali.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2017).
Sjukur, Sulihin B. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2, no. 3 (2013).
Sudarsana, I Ketut. “Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Life Long Learning: Policies, Practice, and Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia ).” Jurnal Penjaminan Mutu (n.d.).
Winataputra, Udin S. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” In Teori Belajar Dan Pembelajaran.
Wulandari, Bekti, and Herman Dwi Surjono. “Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 3, no. 2 (2013).
Yusuf, M. “Pendidikan Karakter, Konsep Dan Aplikasinya Pada Sekolah Berbasis Agama Islam.” Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017)
———. “Pendidikan Pesantren Sebagai Modal Kecakapan Hidup.” Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020).
Zulhaini. “Peranan Keluarga Dalam Menenamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Anak.” al Hikmah 1, no. 1 (2019).
Published
2020-08-27
Section
Articles