Perkembangan Madrasah Formal Di Indonesia

  • Muhammad Yusuf STAI Darussalam Krempyang Nganjuk
Keywords: Perkembangan, Madrasah, Formal, Indonesia

Abstract

Pendidikan terbagi menjadi pendidikan formal, nonformal, dan informal. Pendidikan informal (yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan) telah dirasakan oleh setiap orang sejak usia dini, serta dilakukan setiap hari. Pendidikan informal ini menjadi sangat penting karena di sinilah anak akan belajar untuk pertama kalinya bagaimana mengembangkan sikap-sikap positif. Untuk mendukung pendidikan informal tersebut, diperlukan pendidikan formal dan nonformal. Hal ini dikarenakan pendidikan dari keluarga saja tidak cukup. Pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. 

Madrasah formal di Indonesia muncul sebagai bentuk modifikasi terhadap pesantren tradisional yang hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama saja. Munculnya sistem sekolah modern ala pemerintah Belanda membuat kaum cendekiawan muslim mendirikan madrasah formal yang terbuka bagi warga pribumi khususnya muslim. Terbitnya SKB 3 Menteri tahun 1975 telah memberikan kesetaraan madrasah dengan sekolah umum sehingga madrasah mampu meningkatkan kualitasnya.

Munculnya madrasah-madrasah unggul di Indonesia telah memberi pembuktian bahwa madrasah tidak kalah jika dibandingkan dengan sekolah umum. Untuk mencapai tujuan menjadi madrasah unggul, diperlukan manajemen yang matang, dukungan berbagai pihak, serta sarana prasarana yang mendukung.                    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahid, Nur. "Madrasah sebagai Institusi Pendidikan: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya", Jurnal Tribakti, Vol. 19 No. 2 (Juli 2008), tersedia di: ejournal.iaitribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/viewFile/.../84 –, diakses 25 Maret 2017.
Akhwan, Muzhoffar. "Pengembangan Madrasah sebagai Pendidikan untuk Semua", El-Tarbawi, Vol. 1 No. 1 (2008), tersedia di www.download.portalgaruda.org/article.php?...Pengembangan%20Ma..., diakses 25 Maret 2017.
Fathurrahman, Muhammad. "Manajemen Pendidikan Lembaga Islam Unggulan", tersedia di: https://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/09/29/manajemen- lembaga-pendidikan-islam-unggulan/, diakses 25 Maret 2017.
Maryudi. "Biografi Nizam al-Mulk", tersedia di: http://nizamalmulk.blogspot.co.id/, diakses 25 Maret 2017.
Nasution, Harun. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang, 2001.
Nata, Abuddin. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Pidarta, Made. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Syahri, Akhmad. "Pemikiran tentang Pengembangan Madrasah Unggul", tersedia di http://banjirembun.blogspot.co.id/2014/10/pemikiran-tentang-pengembangan- madrasah.html, diakses 25 Maret 2017.
Supani, "Sejarah Perkembangan Madrasah di Indonesia", Insania, Vol. 14 No. 3 (September-Desember 2009), tersedia di: www.download.portalgaruda.org/article.php?article=49365&val. diakses 25 Maret 2017.
Taufiqurrahman, Sejarah Sosial Politik Masyarakat Islam. Surabaya: Pustaka Islamika, 2003.
Tirtarahardja, Umar, dan La Sula. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokusmedia, 2006.
Zainuddin, Ansar. "Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia", tersedia di http://www.kumpulanmakalah.com/2015/11/pertumbuhan-dan- perkembangan-madrasah.html. diakses 25 Maret 2017.
Published
2019-04-15
How to Cite
Yusuf, Muhammad. 2019. “Perkembangan Madrasah Formal Di Indonesia”. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (2), 135-46. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/136.
Section
Articles