KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM

  • M. Munir STAI Darussalam Nganjuk
  • Luluk Nur Hidayani Prodi MPI STAI Darussalam Nganjuk
Keywords: Karakteristik, Kepemimpinan, Pendidikan, Islam

Abstract

Setiap pemimpin memiliki karakteristik sendiri dalam mempengaruhi, mengarahkan dan meyakinkan anggotanya yang dipengaruhi oleh sedikit atau banyak sifat yang ada dalam pemimpin. Namun demikian, setiap institusi memiliki karakteristik pemimpin yang ideal. Sebagai Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam.Kepemimpinan pendidikan adalah kemampuan untuk menggerakkan pelaksanaan pendidikan, sehingga tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Peran kepemimpinan adalah Bagian Finding, Menyelaraskan, Memberdayakan, sementara fungsi termasuk perencanaan, pengorganisasian, memotivasi, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengelola informasi, dan mengawasi. Ada empat jenis kepemimpinan pendidikan, yaitu tipe otoriter, tipe laissez faire, tipe demokrasi, dan tipe pseudo-demokratis. Seorang pemimpin juga memiliki karakteristik, yaitu tulus, jujur, berjalan bicara, adil dan egaliter, berkarakter mulia, kerendahan hati, keberanian, rasa humor yang sehat, kesabaran dan menahan amarah, menjaga verbal, sinergi dan musyawarah. Sedangkan empat tokoh utama yang dimiliki Nabi Muhammad sebagai pemimpin adalah: shidiq, amanah, fathonah, dan tabligh.

References

Farikha, Siti, Manajemen Lembaga Pendidikan, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015.
Jahari, Jaja dan Amirulloh Syarbini, Manajemen Madrasah (Teori, Strategi, dan Implementasi), Bandung: Alfabeta, 2013.
Ulinnuha, Nur Raisah, ‘’Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam’’, TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, September 2019.
Published
2021-12-08
Section
Articles