TEKNIK SUPERVISI SATUAN PENDIDIKAN ISLAM

  • Abdul Jalil Jawhari STAI Darussalam Nganjuk
  • Dewi Rohmatin Nafi'ah Prodi MPI STAI Darussalam Nganjuk
  • Ritria Palupi Prodi MPI STAI Darussalam Nganjuk
Keywords: Teknik, Supervisi, Satuan Pendidikan,

Abstract

Pengawasan merupakan kegiatan pembinaan yang direncanakan dapat membantu guru dan staf sekolah lainnya dalam menjalankan pekerjaannya secara efektif. Dengan tujuan mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik dengan membantu guru meningkatkan kinerja mereka. Seorang supervisor dapat bertindak sebagai: Peneliti, Improver, Asesor, Pengembang, Koordinator, Konsultan, dan Pemimpin Kelompok. Teknik yang dapat digunakan adalah: a. Kunjungan kelas yang direncanakan, b. Pertemuan pribadi antara supervisor dan guru, c. Pertemuan antara pengawas dan guru di sekolah, d. Kunjungan antar-kelas atau antar sekolah, e. Rapat dalam kelompok kerja pengawas, kelompok kerja kepala sekolah, serta rapat kelompok kerja guru, pusat kegiatan guru dan sebagainya

References

Ametembun, N.A. Supervisi Pendidikan Disusun Secara Berprogram, Bandung: Suri, 2007.
Jahari,Jaja dan Amirulloh Syarbini. Manajemen Madrasah, Bandung: Alfabeta, 2013.
Juni Donni, Priansa. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung Alfabeta.
Made, Pidarta. Supevisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta : Rineka Cipta, 2009.
Purwanto, Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010.
Sahertian, Piet A. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan : Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta, 2008.
Suhardan, Dadang. Supervisi Profesional, Bandung : Alfabeta, 2010.
Published
2021-12-08
Section
Articles