KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

  • Nur Rulifatur Rohmah STAI Darussalam Nganjuk
  • Fatiha Ni'matul Maula STAI Darussalam Nganjuk
Keywords: Komunikasi, Pemasaran, Jasa, Pendidikan

Abstract

Komunikasi dalam pemasaran merupakan elemen yang sangat penting. Komunikasi adalah kunci keberhasilan setiap pekerjaan pemasaran, termasuk pemasaran jasa pendidikan. Komunikasi pemasaran jasa pendidikan merupakan pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak yang terlibat. Komunikasi pemasaran ditujukan untuk memperkenalkan, menginformasikan, menawarkan, mempengaruhi, dan mempertahankan pelanggan lembaga pendidikan. Lovelock mengklasifikasikan bauran promosi jasa pendidikan menjadi enam kelompok, yaitu: 1) Komunikasi Pribadi 2) Periklanan 3) Promosi Penjualan 4) Publisitas 5) Bahan Instruksional 6) Desain Organisasi. Iklan jasa pendidikan terdiri dari komunikasi nonpersonal yang dilakukan melalui media dengan sponsor. Bisa melalui media seperti majalah, surat kabar, radio dan televisi, media eksternal (poster, simbol, baliho, dan tulisan di atap), direct mail, sesuatu yang unik (tinta, kalender, pena, dan pensil), kartu, katalog. , dll. dan pamflet.

References

Andharini, Sri Nastiti. Dewi Nurjannah, Eka Kadharpa, Komunikasi Pemasaran Jasa Pada Pendidikan Tinggi di Malang, Senaspro 2016.
David Wijaya. 2016. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Maisah. 2020. Penerapan 7P Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, Vol. 1 No. 4.
Pribadianti, Anggita Windi. Makalah Strategi Promosi dan Komunikasi Jasa Pendidikan, diakses dari https://islamicstudents15.blogspot.com/2018/06/kelompok-8-mpp-strategi-promosi-dan.html?m=1 pada tanggal 08 November 2021 pukul 08:27
Turmudi, Moh. dan Sun Fatayati. 2021. Komunikasi Pemasaran Jasa Pendidikan. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 2 No. 1
Published
2021-12-08
Section
Articles