Stimulasi Kecerdasan Psikomotorik Santri Melalui Life Skill Discovery Cup Berbasis ABCD di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Ar Ridlo Krempyang Tanjunganom Nganjuk

  • M. Yusuf Prodi MPI STAI Darussalam Nganjuk
Keywords: kecerdasan psikomotorik, life skill discovery cup, ABCD

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa stimulasi kecerdasan psikomotorik santri melalui life skill discovery cup berbasis ABCD dilakukan melalu pelatihan dan pendampingan yang bisa menjadi katalisator untuk meningkatkan life skills bagi komunitas dampingan. Life Skills ini berupa meningkatkan kecerdasan psikomotorik santri sehingga bisa menjadi sebuah inovasi, peningkatan kreativitas, ekonomis serta dapat turut serta menjaga kebersihan lingkungn pesantren di mana mereka tinggal. Pemberdayaan dalam bentuk peningkatan stimulasi kecerdasan psikomotorik ini sangat penting bagi santri yang pada gilirannya akan bermanfaat bagi mereka baik saat masih dalam pondok pesantren maupun saat mereka pulang. Dengan didakannya program ini, maka capaian output adalah Pertama, Kecerdasan peserta atau santri terstimulus sehingga mampu berkembang dan menjadi pribadi yang kreatif. Kedua, Bakat dan potensi yang santri miliki telah tersalurkan melalui adanya pelatihan peningkatan skill ini. Ketiga, para peserta dapat mengembangkannya hingga pulang ke rumah, sehingga menjadi santri yang mandiri secara financial. karena jika dikembangkan lebih detail lagi, aneka bakat dan kemampuan tersebut bahkan bisa dijadikan sebagai profesi yang akan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

References

Darmadji, Ahmad. “Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam, Penting Tapi Sering Terabaikan.” el-Tarbawi 7, no. 1 (2014): 13–25.
Hamzah, Syeh Hawib. “Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik.” Dinamika Ilmu - Jurnal Kependidikan 12, no. 1 (2012): 1–12.
Haryadi, Toto., and Aripin. “Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi ‘Warungku.’” Andarupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 1, no. 2 (2015): 39–50.
Kasenda, Lorenzo M., Steven Sentinuwo, and Virginia Tulenan. “Sistem Monitoring Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android.” Jurnal Teknik Informatika 9, no. 1 (2016): 1–9.
Nurbudiyani, Iin. “Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya.” Anterior Jurnal 13, no. 1 (2013): 88–93.
Published
2022-09-11
Section
Articles