Peran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan

  • Ahmad Saifudin STAI Darussalam Nganjuk

Abstract

Ilmu pengetahuan adalah usaha yang dilakukan manusia dalam  membaca dinamika secara global tentang   gejala-gejala yang terjadi berdasarkan faktor empirik, proses engkulturasi yang dilakukan  secara konseptual radikal, sistematis universal. Sementara teknologi merupakan usaha manusia yang merupakan dampak pemanfaat ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan  dan kesejahteraan hidup manusia. hubungan tersebut ternyata berdampak pada  perkembangan dunia Ilmu pengetahuan dan Teknologi, berbicara tentang  ilmu pengetahuan selalu berhubungan  dengan perkembangan duni teknologi, begitu pula sebaliknya. Realita Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi mempunyai peran  ganda yaitu semakin lama semakin memilki pengaruh cepat, yang mampu merubah gaya dan peradaban hidup manusia, karena hasil dari suatu produk tidak terlepas dari peran dan ekistensi lembaga pendidikan yang dimana muatan kurikulum di tiap-tiap satuan pendidikan pun juga ikut mempengaruhi mutu sesuai dengan kebutuhan pasar pendidikan. Kepekaan outpun dari tiap-tiap satuan pendidikan akan terefleksi dalam kehidupan dimasyarakat. Keberadaan mereka sebagai dampak dari proses pengembangan kurikulum sekolah yang penerapanya membawa dapak luar biasa dalam merubah tatanan hidup manusia, baik dari aspek sosial dan budaya. Sebagai bentuk implementasi dari konsep atau ide-ide cemerlang dari seorang anak didik yang menjadi dasar dan alasan untuk menuju  tahap selanjutnya. Produk teknologi yang mampu dihasilkan, produk yang dihasikan dari tiap satuan pendidikan terkadang tidak dapat sepenuhnya dimanfaatkan  secara relevan terutama untuk proses serta  hasil pembelajaran yang maksimal, karena Teknologi dan informasi menitik beratkan  pada implentasi dan proses pengolahan data, seperti menerima, mentransmisi, meng aplute data serta menyimpan, mengambil dan  memanipulasi dalam bentuk tampilan dataa dengan pemanfaatana  perangkat  teknologi elektronika seperti komputer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-08
How to Cite
Saifudin, Ahmad. 2021. “Peran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan”. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1), 85-101. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/400.
Section
Articles